Latest News

Panggilan Orang Bali yang Perlu anda Ketahui

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan budaya dan juga rutinitas dan istiadatnya, juga berbagai macam bahasa daerah. dan dari semua bahasa daerah tersebut miliki karakternya tersendiri. dan seperti daerah lainnya di Indonesia. Pulau Bali yang dikenal dengan bahasa Bali nya miliki panggilan orang Bali tersendiri di dalam kehidupan sehari-hari. 





Panggilan orang Bali itu bermacam-macam. 

Mengetahui panggilan orang bali terlalu perlu bagi kamu yang pertama kali mampir ke Bali baik itu untuk yang merantau atau juga untuk mereka yang berwisata. Karena saat kamu sanggup lebih dekat bergaul dengan penduduk lokal maka keramah-tamahan penduduk lokal sanggup kamu dapatkan secara lebih, juga berlaku di daerah manapun di Indonesia. 

Sebagian besar penduduk Indonesia tentu sudah tahu jika panggilan orang Bali itu "bli". namun apakah panggilan untuk orang Bali hanya bli saja? lantas bagaimana untuk panggilan untuk perempuan? nah mari kami review sebagian panggilan orang bali yang wajib kamu ketahui. 



Bli 

Bli adalah panggilan orang bali yang withering terkenal di ketahui banyak orang. Panggilan bli (bukan beli) biasanya digunakan untuk laki-laki yang lebih tua namun tidak terlalu tua atau sanggup juga kepada orang yang sebaya yang belum kamu kenal. Panggilan bli untuk orang sebaya yang belum kamu kenal adalah panggilan withering halus atau withering sopan untuk orang Bali. 



Gus 

Asal kata Gus berasal dari bahasa bali "Bagus" yang bermakna ganteng atau tampan. Mungkin jika bahasa jawa itu panggilan cah bagus, dan bahasa Indonesianya "Dik atau Adek/Adik".

 Digunakan untuk laki-laki yang lebih muda dari kami berapapun umurnya, sanggup juga digunakan kepada orang sebaya yang belum kami kenal namun pernah berjumpa hingga bertegur sapa hanya tidak tahu namanya. Jangan memanggil dengan panggilan Gus kepada orang sebaya yang terlalu bahkan kamu belum pernah berjumpa denganya dikarenakan itu tidak sopan. 



Mbok 

Nah barangkali panggilan Mbok adalah panggilan yang memicu sebagian orang luar Bali mengalami social chock atau kebingungan budaya khususnya bagi orang Jawa. Karena di Jawa panggilan Mbok itu untuk panggilan Ibu tetapi di Bali panggilan Mbok itu untuk perempuan yang lebih tua namun tidak terlalu tua. Kalau bahasa Indonesianya itu Mba'. Panggilan Mbok untuk perempuan yang sedikit lebih tua dari kami yang belum dikenal juga sama seperti panggilan Bli adalah panggilan withering sopan. 



Gek 

Panggilan Gek berasal dari kata "Jegeg=Geg=Gek" atau cantik jika disimpulkan ke bahasa Indonesia. Panggilan ini digunakan untuk perempuan yang sebaya hingga dengan lebih muda berapapun umurnya. Panggilan Gek sanggup berkonotasi tidak serupa di Bali dikarenakan jika kamu tengah berada di Bali dan kamu adalah seorang perempuan lantas dipanggil Gek oleh laki-laki yang kamu rasa lebih muda barangkali besar kamu tengah digoda atau dirayu. 




Bli Bagus 

Jika kamu seorang laki-laki dan bukan orang Bali dan kebetulan kamu tengah berada di Bali lantas mulai di panggil Bli Bagus oleh seorang wanita yang belum kamu kenal. Selamat, bermakna kamu tengah digoda. Atau jika kamu seorang wanita yang memandang seorang pria gagah, ganteng dan menawan yang memicu kamu tertarik. cobalah saja panggil dia dengan sebutan Bli Bagus, saya jamin pria itu akan tersipu. Panggilan Bli Bagus adalah panggilan withering intim untuk pria Bali, withering banyak digunakan oleh para wanita yang tengah kasmaran kepada pria pujaan hatinya, jika di jawa barangkali sama dengan "Kang Mas". 



Tambahan 

Panggilan Bli Bagus tidak serupa dengan Bli Gus. Walau terdengar sama namun panggilan Bli Bagus dengan Bli Gus itu terlalu berbeda. Jika Bli Bagus sudah saya jelaskan diatas dan untuk semua laki-laki, maka panggilan Bli Gus itu untuk laki-laki yang sedikit lebih tua biasanya bagi mereka yang berwangsa/berkasta Brahmana (bukan panggilan intim).

 Lalu bagaimana cara tahu jika pria itu dari wangsa Brahmana? jika kamu tidak tahu panggil saja dia dengan sebutan Bli. Namun di dalam budaya Bali biasanya jika seseorang yang sedikit lebih tua diketahui dari wangsa Brahmana maka mereka akan dipanggil Bli Gus. Lalu lantas tersedia juga panggilan Bli Gung atau sanggup juga dipanggil Bli Agung untuk laki-laki yang sedikit lebih tua dari wangsa/berkasta Ksatria. 

Nah itu untuk panggilan spesifik untuk laki-laki dari kalangan Brahmana atau Ksatria. Lalu bagaimana memanggil untuk para wanitanya? Untuk perempuan yang sedikit lebih tua dari kalangan Brahmana atau Ksatria biasanya keduanya akan dipanggil Mbok Gek. atau Gung Gek bagi perempuan sebaya atau lebih muda berapapun umurnya untuk kalangan Ksatria. 

dan panggilan Tu Gek dari kalangan Brahmana untuk perempuan yang lebih muda berapapun umurnya, sebaya, hingga sedikit lebih tua. Nah, mulai bingung kan? namun kamu tidak usah risau dikarenakan yang wajib kamu ketahui hanya 5 panggilan diatas aja. anggap saja panggilan spesifik untuk kalangan Brahmana dan Ksatria sebagai tambahan pengetahuan kamu saja. 

Dan itulah sebagian panggilan orang bali yang wajib kamu ketahui dan siap kamu pakai saat kamu kebetulan berada di Bali atau dimanapun kamu berjumpa dengan orang Bali. Semoga Bermanfaat. 

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Bali Property Agent Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.